Cara Menjaga Insulin Agar Tidak Rusak Selama Bepergian

Insulin sudah lama dipakai untuk terapi diabetes. Bagi beberapa penderita diabetes (diabetesi), insulin merupakan kebutuhan pokok. Oleh karena itu, insulin harus selalu dibawa kemanapun diabetesi pergi.

Yang kerap menjadi masalah ialah insulin sangat sensitif terhadap suhu. Idealnya, insulin disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 2o-8oC. Bila tidak memungkinkan, dapat disimpan dalam suhu ruang 15-25oC. Tetapi pada suhu ini, insulin hanya dapat bertahan selama 28 hari. Jika terpapar suhu di atas 30°C, insulin akan mudah terurai. Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin dapat membekukan insulin atau membuat kerjanya menjadi tidak lagi efektif.

Lantas, bagaimana cara menjaga agar insulin tidak rusak selama bepergian? Berikut ialah beberapa kiat untuk menjaga kualitas insulin selama Anda bepergian:

Pastikan untuk selalu membawa insulin di dekat Anda. Jika menggunakan pen insulin, siapkan satu cadangan bersama Anda. Bawa pula beberapa spuit kosong, agar bisa mengambil insulin dari kemasan vial bila terjadi kondisi gawat darurat.

Bila bepergian dengan pesawat, bawa insulin ke dalam kabin. Hindari menyimpan insulin di dalam koper di bagasi, karena insulin dapat terpapar suhu ekstrem panas ataupun dingin. Kabin pesawat cukup dingin. Hal ini membuat kualitas insulin dapat terjaga tanpa pendingin sekalipun. Namun, bila durasi perjalanan panjang, insulin perlu mendapat perlindungan lebih.

Bila bepergian ke tempat bersuhu panas, simpan insulin di dalam tas berpenyekat (insulated bag), kotak pendingin (cool box), atau termos pendingin. Jika suhu lingkungan sangat panas, bekukan air di dalam kemasan botol plastik. Kemudian simpan air beku itu di dalam tas berpenyekat bersama dengan insulin dan makanan Anda. Selain sebagai pendingin, air beku tersebut juga bisa diminum setelah meleleh.

Bila suhu lingkungan dingin, bawa insulin dekat dengan tubuh Anda. Atau Anda bisa menyimpannya di dalam tas berpenyekat agar tidak membeku.

Insulin tidak akan rusak saat melewati pemindai keamanan atau detektor metal. Namun tidak demikian dengan pompa insulin. Oleh sebab itu, mintalah petugas keamanan untuk melakukan pemeriksaan manual di tempat terpisah.

Bagi yang bepergian dengan pesawat atau moda transportasi lain dengan pengamanan ketat, pastikan untuk membawa surat dokter. Isi surat tersebut yaitu menyatakan bahwa Anda penderita diabetes yang menggunakan insulin, dan harus membawanya beserta perlengkapannya.

Saat akan menyuntikkan insulin, periksa terlebih dulu apakah cairan tampak jernih atau keruh. Bila tampak keruh, ditambah dengan adanya kristal, serpihan, atau endapan di dalamnya, artinya insulin telah rusak dan tidak bisa digunakan.

Pada prinsipnya, insulin harus tersimpan dalam kondisi yang ideal. Pada suhu ruang, insulin dapat bertahan selama 30 hari. Bila suhu lingkungan berada di atas atau di bawah suhu ruang, maka insulin membutuhkan penyimpanan khusus selama bepergian, agar kualitasnya tetap terjaga.

[BA/ RH]

Sumber 1

Sumber 2

Share:

Artikel Lainnya

Lihat Semua